Cara Mudah Belajar Menjadi Programmer dan Memahami Coding untuk Pemula

{ Jangan Malas Membaca Ya }

Coding itu adalah Colak Dingin :D hahaha bercanda gan, sebelum Co-Paz bahas tentang Cara Mudah Belajar Menjadi Programmer dan Memahami Coding untuk Pemula mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Coding? dan pengalaman Co-Paz selama 4 Tahun.

Coding itu adalah bahasa inggris yang kalau di Indonesiakan artinya adalah pemrograman. Coding bertujuan untuk membuat sebuah program komputer baik itu untuk pribadi, dijual, tugas kuliah, atau pun tugas akhir.

Co-Paz ada cerita sedikit pengalaman selama 4 Tahun yang ketika dibutuhkan menghilang entah kemana, PD kali dibutuhkan hhihi, oke gan langsung saja pada zaman dahulu kala eits maaf gan terlalu jauh...oke gan mohon disimak baik-baik ya pengalaman Co-Paz selama 4 Tahun di STMIK Nurdin Hamzah Jambi mungkin teman-teman yang sering mengunjungi BLOG Co-Paz pasti heran kemana Admin Co-Paz selama ini? kok tidak update lagi tentang Tips Blog, Game, Tips & Trik, Multimedia, Windows, dll. sekarang sudah taukan gan kemana Co-Paz selama ini ya jujur gan, sebenarnya Co-Paz ragu karna untuk memahami isi coding yang rumit ini (bagi pemula jika yang udah Pro harap dimaklumi), Co-Paz mau tak mau harus merelakan dan memilih salah satunya karna Co-Paz yakin kalau fokus pada 1 tujuan pasti bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dan buktinya Alhamdulillah sekarang ilmu Co-Paz bertambah sedikit ya walaupun sedikit lama-lama juga jadi bukit sehingga menjadi programmer sejati Asyik :D ceileh programmer sejati haha, pengalaman ini Co-Paz bagikan karna berbagi itu indah hahaha ada-ada aja nih Oke gan sebenarnya tidak rumit untuk memahaminya, Langsung saja ada beberapa tips dari Co-Paz... Cekidot...

1. Memahami Diri Sendiri
Memahami Diri Sendiri
Kok bisa? yaiyalah masa' iya iyadong... sebelum memulai kita harus memahami diri kita sendiri apakah mampu? jadi kita harus bangun kepercayaan diri kita jadikan motivasi dan harus benar-benar ditekunin, karna musuh terbesar kita adalah MALAS nah yang seperti itu tu kita harus buang jauh-jauh kalau tidak mau dibuang atau Anda sayang yaaaa seperti aku sayang kamu <3 haha disimpan aja untuk nanti kalau sudah waktunya..kapan waktunya? ya Anda sendiri yang tau.
Co-Paz yakin teman-teman bisa, buktinya Co-Paz bisa apalagi Anda pasti bisa melebihi Co-Paz,..aamiin. Jadi intinya kita harus memahami dan percaya diri biarlah orang berkata apa yang penting kita bisa Asyik ups dan jangan lupa ya harus fokus dan konsisten apa yang jadi pilihan kita. berdasarkan pengalaman Co-Paz banyak yang akan kita hadapi seperti HTML, CSS, PHP, Javascript dll seperti menu Pemrograman yang ada di Blog Co-Paz...jika Anda sudah paham dengan diri Anda sendiri mari kita lanjutkan tips berikutnya.

2. Memilih Bahasa Pemrograman
Memilih Bahasa Pemrograman

Umumnya, pemrograman komputer dilakukan dengan menulis satu set perintah yang akan dilakukan komputer. Perintah ini bisa ditulis dalam berbagai "bahasa", yang sebenarnya hanya cara berbeda untuk mengatur instruksi dan teks. Bahasa yang berbeda biasanya cocok untuk jenis program yang berbeda, jadi pilihlah bahasa yang cocok untuk apa yang ingin Anda lakukan. Terserah sih mau bahasa pemrograman apa saja, bisa bahasa pemrograman desktop seperti VB 6.0, VB.Net, Java, C++, C, dan masih banyak yang lain atau bisa bahasa pemrograman WEB seperti PHP dan yang lainya. Tapi Co-Paz anjurkan bahasa Visual Basic(VB) atau WEB, karena Co-Paz juga membahas tentang VB dan WEB menurut Co-Paz tidak terlalu sulit.
Ya seperti Co-Paz sudah memahami hampir semua pemrograman untuk saat ini Co-Paz mencoba Pemrograman Android kenapa Co-Paz baru mau memulainya, ya maklumlah untuk membuatnya kita butuh Spesifikasi Komputer yang tinggi sedangkan punya Co-Paz :'( taulahkan hhuhu,. Oke Jika Anda sudah paham kita lanjutkan tips berikutnya.

3. Selalu Mencoba Mengotak Atik Coding
Selalu Mencoba Mengotak Atik Coding
Dengan kita mengotak atik coding kita akan tau dan akan terbiasa dengan yang namanya coding, jadi untuk teman-teman jangan pernah takut untuk mencoba dan mengotak atik coding ya karna segala sesuatu itu butuh yang namanya usaha dan kerja keras. Oke Jika Anda sudah paham kita lanjutkan tips berikutnya.

4. Berusaha Memahami Error dan Kode Error
Berusaha Memahami Error dan Kode Error
Error merupakan hal yang wajar dalam belajar. Setiap orang yang sedang belajar pasti sering mengalami yang namanya error, begitu juga dengan Co-Paz sendiri. Jangan mudah menyerah jika ketemu error karna itu bisa melemahkan Anda, jadikan error itu batu pijakan Anda, jika kita sering ketemu error dan bisa memperbaikinya maka masadepan Anda cerah cie..yang masadepannya cerah hhaha, jadi intinya Semangat jika ketemu error seperti Co-Paz hihihi kalau ketemu error malah semangat bahkan errornya yang takut jadi tidak bermunculan lagi errornya saking takutnya hhaha maaf terlalu PD :D karna inilah faktanya. Bagaimana cara Co-Paz mengatasinya? Mau tau? ini dia.. ingat tidak kata-kata seperti ini.. ya seperti ini :D “BANYAK JALAN MENUJU ROMA” taukan? Jadi jika Error yang Anda pahami dan memperbaikinya jangan terlalu fokus kesitu-situ aja kita harus kreatif, barang kali tidak jodoh L eh maksudnya tidak cocok :D, nah bagaimana? Ya cari yang lain codingnya sampai cocok atau sesuai dengan yang Anda inginkan kalau cocok berarti jodoh langsung nikah deh dan punya anak terus cucu sampai punya cicit-cicitnya :D hihihi. Ah Mas Co-Paz terlalu jauh mikirnya kayaknya agak melenceng sedikit hhihi Maaf ya memang kayak gini orangnya :D woles-woles. Oke Jika Anda sudah paham kita lanjutkan tips berikutnya.

5. Referensi
Referensi
Carilah tutorial dari buku, entah itu teman-teman membeli buku atau meminjam buku terserah teman-teman enaknya yang mana. Selain buku juga bisa mencari lewat internet bersama embah google. Bisa juga ni baca di blog ini, lagi lagi promosi ni hehehe....

6. Luangkan Waktu untuk Coding
Luangkan Waktu untuk Coding
Luangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk mencoding. Ingat pepatah jawa bilang "Tresno jalaran soko kulino" yang artinya suka itu karena sudah terbiasa. Jadi jika teman-teman sudah terbiasa dengan coding maka lama kelamaan teman-teman akan suka, seperti aku menyukaimu :-* :D hhihi kambuh lagi nih. Ya begitulah pokoknya apa lagi jika kita menemukan error dan kita bisa mengatasi nya rasanya itu seperti kejatuhan durian runtuh.

7. Bergabung dengan Forum & Memahami Alur Coding
Bergabung dengan Forum & Memahami Alur Coding
Bergabunglah dengan forum-forum programming yang sudah ada dan mulailah sharing ilmu dengan yang lainnya. Kemudian untuk belajar coding Co-Paz berikan sedikit arahan harus mulai dari mana dulu. Kalau menurut Co-Paz sendiri dalam belajar coding enaknya mengikuti alur seperti ini. 
1.  Membaca dahulu tentang apa itu pemrograman misalnya PHP atau VB (Pemrograman yang sekiranya Anda mengerti) dan apa saja yang di perlukan.
2.    Belajar tentang bagaimana cara membuat project atau menginstalnya.
3.    Belajar dan memahami Database.
4.    Belajar tipe data dan operator.
5.    Belajar seleksi kondisi (IF - ELSE atau SWITCH CASE).
6.    Belajar looping atau perulangan (FOR , WHILE dan DO WHILE).
7.    Belajar Method (FUNGSI dan PROSEDUR).
8.  Belajar array satu dimensi dan juga dua dimensi atau matrik kemudian juga array banyak dimensi.

Co-Paz kira itu sudah cukup untuk membuat teman-teman mengerti tentang Cara Mudah Belajar Menjadi Programmer dan Memahami Coding untuk Pemula dan itu merupakan materi dasar dalam perkuliahan di sebut dengan algoritma. Teman-teman harus menguasai itu dulu untuk belajar pemrograman lebih lanjut karena masih banyak jika kita berbicara tentang pemrograman. Jika teman-teman belum mengerti atau masih kurang paham silahkan komentar dibawah ini atau chat pribadi di Blog Co-Paz. Sankyou ;-).

Selamat Mencoba & Semoga Bermanfaat... ^_^